TEKNIK PROMOSI BUKU
Judul: Teknik Promosi Buku
Resume ke: 10
Gelombang: 32
Tanggal: 12 Februari 2025
Tema: Teknik Promosi Buku
Narasumber: Akbar Zainuddin, M.M., M.NE.
Setiap penulis pasti ingin karyanya dikenal, dinikmati dan bermanfaat bagi banyak pembaca dan diabadikan dalam bentuk buku. Agar buku hasil karya kita dapat dikenal oleh banyak pembaca maka penulis membutuhkan usaha dalam mempromosikan dan memasarkan bukunya. Pada KBMN PGRI Gelombang 32 pertemuan ke 10 bapak Akbar Zainuddin, M.M., M.NE. akan berbagi ilmu tentang teknik promosi buku, berikut ini resume dari pemaparan ilmu yang beliau sampaikan:
Mengapa Promosi Buku Itu Penting?
Promosi buku itu penting karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau pembaca tidak mengetahui produk kita, maka mereka tidak akan tertarik, apalagi mau membeli buku kita.
Strategi Promosi Buku
Promosi adalah cara untuk memberikan informasi tentang produk kita kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada pembaca kita agar mereka tertarik dan mau membeli.
Tujuan Promosi Buku
1. Membuat pembaca mengetahui buku kita.
2. Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana caranya yang tadinya mereka tidak butuh, tetapi setelah kita promosikan menjadi butuh.
3. Meyakinkan konsumen untuk membeli buku.
4. Mengharapkan konsumen agar mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain.
Program Promosi Buku
Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan, yaitu
- Peluncuran Buku Baru
Bisa dilakukan di toko buku, aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, dan di mana saja serta bisa melalui media sosial dan siaran langsung secara daring. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis, yang membiayai peluncuran buku bisa penerbit juga bisa penulis.
- Bedah Buku
Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku bisa dilakukan secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga, misalnya lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, dan lain sebagainya. Bedah buku yang dilakukan dapat direkam, kemudian diunggah di media sosial sehingga membuat orang semakin mengenal kita. Kita dapat mengundang orang-orang untuk ikut acara bedah buku bersama kita secara online di berbagai platform media sosial.
- Seminar atau Pelatihan
Lakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita baik secara online maupun offline. Seminar atau workshop ini, pertama-tama boleh dilakukan gratis. Lakukan secara berkala, misalnya sebulan sekali.
- Membangun Komunitas
Membangun komunitas yang disesuaikan dengan tema buku kita, misalnya jika buku kita bertema motivasi, maka kita membentuk komunitas tentang motivasi, buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa. Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan kepada mereka untuk membeli buku.Sesekali lakukan seminar melalui zoom.
- Membangun Jaringan Reseller
Reseller adalah orang-orang yang menjual buku kita dan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari hasil buku yang terjual.
- Berjualan di Marketplace
Membuka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya) akan meluaskan promosi dan distribusi kita.
- Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi Buku
Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscribers dengan memberikan informasi tentang buku kita. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis. Lakukan sharing, kemudian selling. Lebih banyak memberikan pengetahuan kepada para pembaca sehingga mereka merasa ada manfaat menjadi followers kita.
Dan yang paling penting, lakukan promosi tersebut secara terus menerus dan konsisten, serta jangan mengharapkan hasil yang instan.
Selain mempromosikan buku, tentunya kita juga harus meningkatkan kemampuan kita agar kita dapat menghasilkan buku yang baik.
Kriteria Buku yang Bagus
- Buku harus mempunyai keunikan dan keunggulan dibandingkan dengan buku sejenis.
- Buku ditulis dengan target pembaca yang jelas.
- Menggunakan bahasa sesuai dengan target pembaca.
Pada akhirnya, kemampuan kita dalam menulis akan tergantung pada latihan kita. Tidak peduli sebanyak apapun yang kita tahu teori-teori tentang menulis melalui berbagai seminar dan pelatihan, tidak akan pernah berguna kalau kita tidak praktik menulis.
Lakukan promosi secara terus menerus dan konsisten. Lakukan promosi setiap hari dan hasilnya akan terlihat beberapa bulan ke depan.
12 Februari 2025
Lereng Gunung Arjuno Welirang
Anggraeni
Komentar
Posting Komentar