CARA MENGELOLA KEGIATAN LITERASI SEKOLAH

Judul: Cara Mengelola Kegiatan Literasi Sekolah

Resume ke: 19

Gelombang: 32

Tanggal: 4 Maret 2025

Tema: Mengelola Kegiatan Literasi Sekolah, lengkap dengan Rapor Literasi

Narasumber: Bambang Purwanto,  S.Kom., Gr., CPS, CPPS., C.Ed., MEP. 



Literasi dapat menjadi sarana bagi siswa dalam mengenal dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah, oleh karena itu kegiatan literasi sangat penting diterapkan di sekolah.

Lantas, bagaimana cara mengelola kegiatan literasi di sebuah sekolah?

Hari ini kita belajar dengan pakar literasi dari sekolah ternama beliau adalah Bapak Bambang Purwanto,  S.Kom., Gr., CPS, CPPS., C.Ed., MEP. Beliau kerap disapa dengan sebutan Mr. Bams. Berikut ini resume materi yang beliau berikan.

  • Kegiatan literasi dengan membaca buku 15 menit dilakukan sebelum belajar di jam pertama, kemudian mengganti waktu masuk sekolah dari pukul 07.00 WIB menjadi 06.45 bertujuan agar waktu pembelajaran jam pertama tidak terambil oleh kegiatan literasi.
  • Membentuk koordinator literasi.
  • Menggunakan blog, kemudian menggunakan website.
  • Kegiatan literasi yang bervariasi, yaitu membaca, mendengarkan, menulis dan lain sebagainya.
  • Konsep Poin Literasi disebut "POLITERA" dan diperkuat dengan membuat "Jurnal Ilmiah"Pemberian poin literasi jika siswa telah melaksanakan kegiatan literasi dengan menginput di link yang sudah disiapkan.
  • Kegiatan literasi dilakukan setiap pagi di kelas dan sebulan sekali secara bergilir di lapangan untuk membaca buku bersama, misalnya kelas 7 di lapangan membaca bersama, maka kelas 8 dan 9 di kelas dengan menu literasi harian.
  • Menyelenggarakan kegiatan literasi yang lain, misalnya: Tes Kecepatan Efektif Membaca (KEM), Pengumpulan Tantangan Karya Literasi, dan lain sebagainya.
  • Data-data dari berbagai kegiatan ini dibuat "Rapor Literasi".
  • Rapor Literasi diterbitkan setelah melalui presetasi dihadapan semua guru dan manajemen sekolah.  

Komponen-komponen yang harus ada dalam rapot literasi sekolah, yaitu

  • Poin Literasi (POLITERA)
  • Jumlah Buku yang dibaca dalam satu semester 
  • Hasil Tes Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
  •  Karya Literasi yang dibuat.

Keberhasilan kegiatan literasi sekolah terlihat dari hasil POLITERA yang diperoleh per murid dan kelas. Kegiatan ini dilakukan secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dan melakukan evaluasi sehingga selalu ada peningkatan layanan kegiatan dan jenis kegiatan.  

Agar kegiatan ini dapat berjalan terus perlu adanya konsistensi dan evaluasi dalam pelaksanaannya. 

Marilah kita tingkatkan budaya literasi di sekolah kita masing-masing agar siswa dapat lebih mengenal dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah.

Salam literasi


4 Maret 2025

Kaki gunung Arjuno Welirang


Anggraeni

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJADI PENULIS YANG PRODUKTIF

Teknik Menulis Buku Ajar